Profil Program Studi PLB

Pengantar

Program studi Pendidikan Luar Biasa (dalam Nomenklatur keilmuan Kemenristek Dikti disebut Program Studi Pendidikan Khusus) sebagai cabang ilmu Pendidikan yang mempelajari pendidikan bagi individu berkebutuhan khusus atau individu berkelaian/individu cacat yaitu salah satu bentuk perkembangan individu yang memiliki kekhususan, bersifat spesifik berbeda dengan perkembangan individu seusianya. Individu berkebutuhan khusus memiliki berbagai potensi yang perlu dikembangkan secara optimal.

Program studi Pendidikan Luar Biasa (PLB) bertujuan menghasilkan lulusan yang  memiliki kompetensi umum menerapkan keilmuan PLB dengan profil lulusan sebagai guru pendidikan khusus. Program Sarjana PLB FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta, telah terakreditasi A tiga kali yaitu sejak tahun 2005 sampai dengan tahun 2020. Program internasionalisasi telah berjalan dengan baik melalui kegiatan pertukaran dosen, dosen tamu, seminar internasional, dan PPL ke Malaysia. Ikutilah penjelasan berikut !

Visi

Menjadi pusat pengembangan ilmu, teknologi, dan seni yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menuntut pengembangan diri dosen dan mendorong kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang  mengarah pada penemuan baru di bidang ilmu, teknologi dan seni.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang beroriemtasi pada upaya pemberdayaan masyarakat.

Selamat datang di website
Prodi Pendidikan Luar Biasa!

 

Mohon untuk mengisi buku tamu terlebih dahulu 🙂

 

Klik disini