CPL / LO | Capaian Pembelajaran Program Studi |
---|---|
1 | Memiliki kepekaan dan kepedulian sosial dalam kehidupan bermasyarakat |
2 | Memiliki sikap kemandirian, kepemimpinan, managerial dan kewirausahaan |
3 | Menguasai konsep, teori, prinsip dan penerapan ilmu pendidikan (paedagogik) dalam pembelajaran |
4 | Menguasai konsep, teori, prinsip, dan penerapan pendidikan khusus (ortopaedagogik) pada setiap jenis anak dengan hambatan di sekolah khusus maupun di sekolah inklusif |
5 | Merancang dan menerapkan kurikulum dan pembelajaran bagi anak pada umumnya dan anak dengan hambatan di sekolah khusus maupun di sekolah inklusif |
6 | Merancang dan menerapkan pembelajaran subjek spesifik paedagogik dalam pendidikan khusus di sekolah khusus maupun di sekolah inklusif |
7 | Merancang dan menerapkan layanan kebutuhan program khusus/kompensatoris bagi peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah khusus maupun di sekolah inklusif |
8 | Memanfaatkan ilmu pendukung untuk pengembangan pendidikan khusus |
9 | Merancang, melaksanakan, menganalisis, dan memanfaatkan hasil penelitian di bidang pendidikan khusus |
10 | Berkomunikasi secara efektif baik secara lisan maupun tertulis dalam berbagai media |
11 | Mengimplementasikan lifelong learning |
The Special Education Program, Universitas Sebelas Maret (SE UNS) has established the following expected learning outcomes:
- Demonstrate a sensitivity and social awareness in community life
- Demonstrate independence and or entrepreneurship
- Master the theory, principle, and the implementation of education science (pedagogy) in learning activity
- Master the theory, principle, and the implementation of special education for every disability
- Master, design, and implement the special education curriculum and learning
- Master, design, and implement a subject specific pedagogic course in special education
- Master the service for special program/compensatory for special education students
- Master the supporting knowledge of the special education
- Apply their competency to design, implement, and analyze a research in special education field
- Communicate effectively both written and oral through various media
- Apply or implement the lifelong learning spirit