CPL / LO | Capaian Pembelajaran Program Studi |
---|---|
1 | Memiliki kepekaan dan kepedulian sosial dalam kehidupan bermasyarakat |
2 | Memiliki sikap kemandirian, kepemimpinan, managerial dan kewirausahaan |
3 | Menguasai konsep, teori, prinsip dan penerapan ilmu pendidikan (paedagogik) dalam pembelajaran |
4 | Menguasai konsep, teori, prinsip, dan penerapan pendidikan khusus (ortopaedagogik) pada setiap jenis anak dengan hambatan di sekolah khusus maupun di sekolah inklusif |
5 | Merancang dan menerapkan kurikulum dan pembelajaran bagi anak pada umumnya dan anak dengan hambatan di sekolah khusus maupun di sekolah inklusif |
6 | Merancang dan menerapkan pembelajaran subjek spesifik paedagogik dalam pendidikan khusus di sekolah khusus maupun di sekolah inklusif |
7 | Merancang dan menerapkan layanan kebutuhan program khusus/kompensatoris bagi peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah khusus maupun di sekolah inklusif |
8 | Memanfaatkan ilmu pendukung untuk pengembangan pendidikan khusus |
9 | Merancang, melaksanakan, menganalisis, dan memanfaatkan hasil penelitian di bidang pendidikan khusus |
10 | Berkomunikasi secara efektif baik secara lisan maupun tertulis dalam berbagai media |
11 | Mengimplementasikan lifelong learning |
Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Universitas Sebelas Maret (SE UNS) telah menetapkan capaian pembelajaran yang diharapkan sebagai berikut:
- Menunjukkan kepekaan dan kepedulian sosial dalam kehidupan bermasyarakat
- Menunjukkan kemandirian dan atau kewirausahaan
- Menguasai teori, prinsip, dan implementasi ilmu pendidikan (pedagogi) dalam kegiatan pembelajaran
- Menguasai teori, prinsip, dan implementasi pendidikan khusus bagi setiap kelainan
- Menguasai, merancang, dan mengimplementasikan kurikulum dan pembelajaran pendidikan khusus
- Menguasai, merancang, dan mengimplementasikan mata kuliah pedagogik khusus dalam pendidikan khusus
- Menguasai layanan program khusus/kompensatoris bagi peserta didik pendidikan khusus
- Menguasai pengetahuan pendukung pendidikan khusus
- Mengaplikasikan kompetensi yang dimiliki untuk merancang, melaksanakan, dan menganalisis penelitian di bidang pendidikan khusus
- Berkomunikasi secara efektif baik tertulis maupun lisan melalui berbagai media
- Menerapkan atau mengimplementasikan semangat belajar sepanjang hayat