CPL / LO Capaian Pembelajaran Program Studi
1 Memiliki kepekaan dan kepedulian sosial dalam kehidupan bermasyarakat
2 Memiliki sikap kemandirian, kepemimpinan, managerial dan kewirausahaan
3 Menguasai konsep, teori, prinsip dan penerapan ilmu pendidikan (paedagogik) dalam pembelajaran
4 Menguasai konsep, teori, prinsip, dan penerapan pendidikan khusus (ortopaedagogik) pada setiap jenis anak dengan hambatan di sekolah khusus maupun di sekolah inklusif
5 Merancang dan menerapkan kurikulum dan pembelajaran bagi anak pada umumnya dan anak dengan hambatan di sekolah khusus maupun di sekolah inklusif
6 Merancang dan menerapkan pembelajaran subjek spesifik paedagogik dalam pendidikan khusus di sekolah khusus maupun di sekolah inklusif
7 Merancang dan menerapkan layanan kebutuhan program khusus/kompensatoris bagi peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah khusus maupun di sekolah inklusif
8 Memanfaatkan ilmu pendukung untuk pengembangan pendidikan khusus
9 Merancang, melaksanakan, menganalisis, dan memanfaatkan hasil penelitian di bidang pendidikan khusus
10 Berkomunikasi secara efektif baik secara lisan maupun tertulis dalam berbagai media
11 Mengimplementasikan lifelong learning

Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Universitas Sebelas Maret (SE UNS) telah menetapkan capaian pembelajaran yang diharapkan sebagai berikut:

  1. Menunjukkan kepekaan dan kepedulian sosial dalam kehidupan bermasyarakat
  2. Menunjukkan kemandirian dan atau kewirausahaan
  3. Menguasai teori, prinsip, dan implementasi ilmu pendidikan (pedagogi) dalam kegiatan pembelajaran
  4. Menguasai teori, prinsip, dan implementasi pendidikan khusus bagi setiap kelainan
  5. Menguasai, merancang, dan mengimplementasikan kurikulum dan pembelajaran pendidikan khusus
  6. Menguasai, merancang, dan mengimplementasikan mata kuliah pedagogik khusus dalam pendidikan khusus
  7. Menguasai layanan program khusus/kompensatoris bagi peserta didik pendidikan khusus
  8. Menguasai pengetahuan pendukung pendidikan khusus
  9. Mengaplikasikan kompetensi yang dimiliki untuk merancang, melaksanakan, dan menganalisis penelitian di bidang pendidikan khusus
  10. Berkomunikasi secara efektif baik tertulis maupun lisan melalui berbagai media
  11. Menerapkan atau mengimplementasikan semangat belajar sepanjang hayat